UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ESTAFET QUESTION’S CARD
ABSTRAKSI
Slamet Winarto, S.Pd.,
Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi
dan Komunikasi (TIK) Dengan Penerapan Model pembelajaran Estafet Question’s Card
Kata
Kunci : Pemahaman Siswa, Mata
Pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK), Penerapan Model
pembelajaran Estafet Question’s
Card.
Seorang guru harus mampu menciptakan situasi belajar yang memungkinkan siswa untuk mengalami
sendiri apa yang dipelajarinya, bukan hanya mengetahui sehingga belajar
menjadi kering dan kurang bermakna. Target pembelajaran pada penguasaan materi
sebagaimana yang lazim ditemukan dalam pembelajaran telah terbukti hanya berhasil dalam kompetensi mengingat
jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam
kehidupan jangka panjang. Perubahan kurikulum dewasa ini hendaknya direspon
oleh guru secara positif dengan kemampuan menciptakan inovasi pembelajaran
secara kreatif.
Sebagai sebuah hasil, sebuah kompetensi tentu tidak bisa
dilepaskan dari sebuah proses. Dalam sebuah desain pembelajaran, capaian
kompetensi jelas terlihat dari rancangan dan pilihan strategi pembelajaran.
Secara umum, kompetensi yang tertuang dalam kurikulum mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi mensyaratkan
partisipasi siswa dalam pembelajaran sebagai sebuah keniscayaan. Hal yang perlu
disayangkan, hal ini belum optimal terjadi pada proses pembelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi di MTs Negeri
Pamotan. Melalui sebuah observasi awal, yang dilakukan dengan pengamatan
langsung maupun dengan menggunakan instrumen sederhana dalam bentuk angket,
tingkat pemahaman siswa kelas VIIIG dalam mengikuti pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi di MTs Negeri
Pamotan masih sangat rendah.
Berdasarkan refleksi hasil tindakan kelas dalam penelitian
ini, melalui Kegiatan pembelajaran dengan menerapan Model pembelajaran Estafet
Question’s Card dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi dan menunjukkan hasil yang signifikan
dengan kategori sangat.
Kegiatan pembelajaran dengan Penerapan Model pembelajaran Estafet Question’s Card dinyatakan
sangat efektif, sehingga dapat mencapai hasil tujuan pembelajaran yang
maksimal,. Aktivitas siswa dalam pembelajaran
dengan menggunakan Penerapan Model
pembelajaran Estafet Question’s
Card sangat membantu siswa dalam memahami pelajaran dan meningkatkan
aktifitas dalam pembelajaran. Peningkatan
hasil belajar tersebut cukup signifikan.
No comments:
Post a Comment