Saturday, February 13, 2016

Inovasi Pembelajaran (Abstraksi)

UPAYA  MENINGKATKAN  PEMAHAMAN  SISWA  DALAM  PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DENGAN PENERAPAN  MODEL PEMBELAJARAN ESTAFET  QUESTION’S CARD





ABSTRAKSI

Slamet Winarto, S.Pd., Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  Dengan Penerapan Model pembelajaran Estafet Question’s Card

Kata Kunci :  Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Penerapan Model pembelajaran Estafet Question’s Card.

Seorang guru harus mampu menciptakan situasi  belajar yang memungkinkan siswa untuk mengalami sendiri apa yang dipelajarinya, bukan hanya mengetahui sehingga belajar menjadi kering dan kurang bermakna. Target pembelajaran pada penguasaan materi sebagaimana yang lazim ditemukan dalam pembelajaran telah terbukti hanya  berhasil dalam kompetensi mengingat jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam kehidupan jangka panjang. Perubahan kurikulum dewasa ini hendaknya direspon oleh guru secara positif dengan kemampuan menciptakan inovasi pembelajaran secara kreatif.
Sebagai sebuah hasil, sebuah kompetensi tentu tidak bisa dilepaskan dari sebuah proses. Dalam sebuah desain pembelajaran, capaian kompetensi jelas terlihat dari rancangan dan pilihan strategi pembelajaran. Secara umum, kompetensi yang tertuang dalam kurikulum mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi  mensyaratkan partisipasi siswa dalam pembelajaran sebagai sebuah keniscayaan. Hal yang perlu disayangkan, hal ini belum optimal terjadi pada proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi  di MTs Negeri Pamotan. Melalui sebuah observasi awal, yang dilakukan dengan pengamatan langsung maupun dengan menggunakan instrumen sederhana dalam bentuk angket, tingkat pemahaman siswa kelas VIIIG dalam mengikuti pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi  di MTs Negeri Pamotan masih sangat rendah.
Berdasarkan refleksi hasil tindakan kelas dalam penelitian ini, melalui Kegiatan pembelajaran dengan menerapan Model pembelajaran Estafet Question’s Card dapat meningkatkan pemahaman  siswa pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dan  menunjukkan hasil yang signifikan dengan kategori sangat.
Kegiatan pembelajaran dengan Penerapan Model pembelajaran Estafet Question’s Card dinyatakan sangat efektif, sehingga dapat mencapai hasil tujuan pembelajaran yang maksimal,.  Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan Penerapan Model pembelajaran Estafet Question’s Card sangat membantu siswa dalam memahami pelajaran dan meningkatkan aktifitas dalam pembelajaran.  Peningkatan hasil belajar tersebut cukup signifikan.




No comments:

Post a Comment